Apa itu Ginjal?

(Tips Ginjal). Apa itu ginjal? Ginjal adalah salah satu organ ekskresi (pengeluaran) yang dimiliki oleh manusia. Manusia dilengkapi dengan sepasang ginjal yang terletak pada daerah pinggang. Sebagai bagian dari sistem urin, ginjal sangat berperan dalam proses penyaringan kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Dalam ilmu kedokteran, cabang yang khusus mempelajari organ ginjal dan penyakitnya disebut nefrologi.  Bagian-bagian ginjal terdiri dari 3 daerah utama, yaitu:  kulit ginjal (korteks), rongga ginjal (pelvis renalis), dan sumsum ginjal (medulla).

Bagian-bagian ginjal
Pada bagian luar ginjal, yaitu korteks (kulit ginjal), dilengkapi alat penyaring darah yang disebut nefron. Dalam setiap ginjal, diperkirakan terdapat sekitar satu juta nefron. Setiap nefron, tersusun oleh badan malphigi dan saluran panjang (tubulus) yang bergulung. Badan malphigi tersusun oleh glomerulus dan kapsula bowman. Giomerulus merupakan anyaman pembuluh kapiler darah sebagai lanjutan dari arteri ginjal. Kapsula Bowman merupakan bangun seperti mangkuk, yang di dalammya berkumpul pembuluh darah halus glomerulus. Saluran lanjutan dari kapsula Bowman adalah tubulus.

Tubulus merupakan saluran-saluran panjang bergulung dan dikelilingi oleh pembuluh-pembuluh kapiler darah. Tubulus yang letaknya dekat dengan badan malphigi disebut tubulus proksimal, sedangkan tubulus letaknya jauh dari badan malphigi disebut tubulus distal. Tubulus proksimal dan tubulus distal dihubungkan oleh lengkung Henle. Lengkung Henle ini berupa pembuluh menyerupai leher angsa yang turun ke arah medula ginjal kemudian naik kembali menuju korteks ginjal. Bagian akhir dari tubulus ginjal adalah saluran pengumpul yang terletak pada sumsum ginjal (medula)

Sumsum ginjal adalah tempat berkumpulnya pembuluh-pembuluh halus dari kapsul Bowman. Pembuluh-pembuluh halus tersebut mengalirkan urin ke saluran yang lebih besar dan bermuara di rongga ginjal (pelvis). Kemudian urin dialirkan melalui saluran ginjal (ureter) dan ditampung di dalam kantung urine (kandung kemih). Jika kandung kemih banyak mendung urine, dinding kantung tertekan sehingga otot melingkar pada pangkal kantung merenggang. Akibat merenggangnya otot melingkar tersebut, timbul rasa ingin buang air kecil. Selanjutnya, urine akan dikeluarkan melalui saluran kemih (uretra). Lebih jelasnya, silahkan baca fungsi ginjal di Fungsi Penting Ginjal Bagi Manusia.

Sekian tulisan tentang Apa itu Ginjal? Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru
Powered by Blogger.