Pertanyaan tentang Gagal Ginjal

(Tips Ginjal). Kenali sejak dini tentang penyakit gagal ginjal. Di bawah ini pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh pasien yang ingin mendapatkan informasi seputar penyakit gagal ginjal. Berikut ini ulasannya: 

Mengapa terjadi penyakit gagal ginjal?

Penyakit gagal ginjal terjadi jika fungsi ginjal tiba-tiba menurun. Fungsi terpenting organ ginjal adalah mengeluarkan elektrolit dan air berlebih dari dalam darah yang disaringnya setiap detik. Cairan dan elektrolit, serta zat asam dan basa dalam darah harus selalu dalam keadaan seimbang. Organ ginjallah yang bertugas dalam menjaga keseimbangan tersebut.

 Apa penyebab penyakit gagal ginjal?

Dari berbagai kasus, ada banyak penyebab penyakit gagal ginjal. Jika aliran darah ke dalam ginjal berkurang. Penyebab penyakit gagal ginjal adalah; cairan dan elektrolit yang masuk dalam tubuh menurun; tekanan darah tiba-tiba menurun; aktivitas pemompaan jantung menurun atau terjadi keadaan kepayahan jantung. Penyebab penyakit ginjal lainnya adalah terjadinya penyumbatan di dalam ginjal, karena; pembesaran prostat dan kanker prostat; tumor kandung kemih; dan batu saluran kemih. Penyakit gagal ginjal dapat juga terjad karena kerusakan saluran pembuluh di dalam ginjal, oleh racun; radang ginjal; sumbatan pembuluh darah ginjal; terjadinya endapan di dalam ginjal oleh kadar kalsium darah yang tinggi; asam urat tinggi; dan kadar protein dalam darah tinggi.

Apakah penyakit gagal ginjal dapat sembuh?

Penyakit gagal ginjal ada yang bisa pulih dan hanya berlangsung untuk sementara, namun ada juga yang berlanjut menahun. Jika penyebab penyakit gagal ginjalnya tidak menetap, fungsi ginjal bisa sembuh dan normal kembali. Penyakit gagal ginjal yang diderita menahun terjadi jika penyakit atau gangguan pada ginjal menyisakan kerusakan ginjal yang menetap, sehingga gangguan fungsi ginjalnya berlangsung terus. Selama saluran di dalam ginjal belum rusak, jika hanya pasokan aliran darah dan cairan tubuh saja yang menurun, atau hanya terjadi sumbatan dalam saluran ginjal oleh batu, akibat pembesaran prostat, atau tumor kandung kemih, fungsi ginjal umumnya bisa kembali pulih setelah penyebabnya diatasi.

Gejala apa yang ditunjukkan penyakit gagal ginjal?

Secara mendadak urine menjadi sedikit. Produksi urine yang dikeluarkan tubuh kurang dari dua gelas dalam sehari, dan berlangsung beberapa hari. Keadaan ini masih bisa ditolong. Jika berlanjut, disusul dengan banyak urine, dan kemudian sembuh. Selain gangguan urine, gejala lainnya adalah muncul hipertensi, mual-mual dan ingin muntah, ampas pembakaran protein darah yang mestinya dibuang ke dalam kencing tertahan dalam darah sehingga kadarnya meningkat, terjadilah apa yang disebut dengan uremia.

Bagaimana terapi penyakit gagal ginjal?

Penyakit gagal ginjal dapat diterapi di rumah sakit. Deteksi penyebab gagal ginjal harus dilakukan, agar penyebabnya dapat segera diatasi. Hal ini berguna agar proses penyakit gagal ginjal tidak berlanjut terus. Selama perawatan, fungsi ginjal dimonitor terus. Untuk itu perlu diet khusus penyakit gagal ginjal dan asupan cairan ditakar agar air dan elektrolit dalam darah tidak tambah menumpuk membebani jantung. Cairan dan elektrolit tubuh diatur agar tetap dalam keadaan seimbang. Keracunan ureum dalam darah bisa menimbulkan koma.

Sekian tulisan Pertanyaan tentang Gagal Ginjal, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
Powered by Blogger.