Cara Mencegah Batu urat di ginjal

(Tips Ginjal). Mencegah lebih baik daripada mengobati. Tulisan ini akan membahas tentang cara mencegah batu urat di ginjal. Apa itu batu urat di ginjal? Batu urat di ginjal adalah salah satu jenis kelainan yang terjadi pada ginjal. Kelainan ini terjadi akibat tingginya konsentrasi asam urat di urin. Batu asam urat di ginjal dapat ditemukan pada 10-25% penderita gout. Bila kada asam urat adalah >13 mg/dl atau ekskresi asam urat di urin >1.100 mg/dl, timbulnya batu asam urat akan meningkat menjadi 50%. Sekitar 20-25% penderita yang terdapat endapan kristal MSU di ginjal, akan terbentuk batu ginjal. Untuk mencegah terbentuknya batu ginjal, penderita kelainan ini dianjurkan untuk:
  1. Banyak minum. Cukup atau tidaknya minum bisa dikontrol dari warna urin. Bila minum sudah cukup, urin berwarna jernih kecuali urin pertama pada pagi hari. Bila kurang minum, warna urin menjadi kuning keruh. Kehilangan cairan akibat banyak berkeringat juga segera diganti dengan banyak minum guna menghindari tingginya konsentrasi asam urat di urin.
  2. Menghindari makanan yang berkadar purin tinggi, dan
  3. Mengontrol keasaman urin. Bila kadar asam urat di urin tinggi maka pH urin turun dan menyebabkan urin menjadi asam. Urin yang asam akan mengendapkan kristal urat sehingga terbentuk batu urat di ginjal dan saluran kencing. Untuk menghindari batu urat di ginjal bisa juga dengan mengonsumsi batu tablet bikarbonat natrikus sebaganyak 4 kali 500 mg per hari agar pH urin menjadi basa (alkalis).
Endapan MSU di ginjal akan merusak parenkim ginjal yang pada akhirnya menyebabkan gagal ginjal. Adanya batu urat di ginjal menandakan allopurinol harus diberikan seumur hidup guna melindungi ginjal. Selain batu asam urat, berbagai jenis batu lainnya juga bisa ditemukan pada pasien gout, terutama batu kalsium. 

Penderita yang sering mengeluhkan rasa nyeri pada persendian sering mengatakan terserang penyakit asam urat, walaupun tidak semua rasa nyeri ternyata disebabkan kadar asam urat yang tinggi. Oleh karena itu perlu dilakukan suatu pemeriksaan untuk menegakkan diagnosis sehingga pengobatan dapat dilakukan secara tepat.

Sekian tulisan tentang Cara Mencegah Batu urat di ginjal, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
Powered by Blogger.