Apa itu Diabetes Melitus

Apa itu diabetes melitus | Diabetes melitus dalam bahasa indonesia adalah sirkulasi darah madu. Diabetes melitus adalah gejala yang muncul pada seseorang dengan ditandai adanya kadar gula atau glukosa darah yang diatas normal, hal ini disebabkan tubuh mengalami kekurangan insulin baik mutlak maupun relatif.Sehingga cairan manis pada tubuh mengalir terus.

Penyakit diabetes dapat menyerang secara mendadak pada anak-anak dan orang dewasa. Biasanya gejala yang hadir disertai dengan sering kencing, sering haus, gatal-gatal, berat menurun, dan badan  sering kelelahan.


Penyakit ini disebabkan oleh adanya gangguan peredaran kadar gula dalam darah dan terganggunya proses transportasi glukosa ke dalam sel-sel.Walaupun kadar gula darah terjadi peningkatan dan tingginya proses pembakaran protein dan lemak mengakibatkan peningkatan keton dalam darah (aseton) dan sampah pembakaran yang akhirnya mengadakan toksifikasi zat asam. Ini disebabkan karena tubuh kekurangan insulin.

Oleh karena itu, penyakit ini dikatakan sebagai penyakit yang disebabkan kadar gula darah yang meninggi karena kekurangan produksi insulin. Adapun kondisi yang menyebabkan adanya penyakit diabetes melitus adalah sebagai berikut:

- Terlalu mengonsumsi makanan yang memiliki kadar gula yang tinggi sehingga makanan tersebut tidak bisa tersimpan dalam sel otot dan hati.

- Sulitnya gula dalam darah untuk memasuki sel.
- Karbohidrat dan protein terlalu diubah menjadi glukosa karena aktivitas hormon.

Perlu diperhatikan bahwa penyakit diabetes melitus ini jangan dibiarkan tidak terkendali karena nantinya akan menimbulkan penyakit komplikasi yang kronis fatal seperti fungsi ginjal terganggu, penyakit jantung kronis, kaki membusuk akibat penumpukan cairan sehingga diamputasi, hingga impotensi.
Demikianlah informasi tentang apa itu penyakit diabetes, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan bisa menyadari bahwa pentingnya menjaga kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan tubuh kita maka kita mesti rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan yang bergizi, setelah melalu proses usaha maka kita bisa bertawakkal kepada Tuhan agar segala yang kita lakukan bisa bernilai ibadah kepada-Nya. Sekian dan terimakasih.

Sumber: Care Your Self: Diabetes Melitus by dr. Ade Tobing, SpKO.


0 comments:

Post a Comment

Posting Lama ►
Powered by Blogger.